Sabtu, 17 Oktober 2015

RESEP BOLU KUKUS MAWAR SANTAN LEMBUT

Cara Membuat Bolu Kukus Mawar
Bolu Kukus Mawar resepmasakankreatif.blogspot.com
Resep bolu kukus mawar santan enak lembut sederhana yang gurih dan manis. Terdapat bermacam kreasi dari aneka kue bolu yang dimatangkan dengan cara dikukus, baik dari kombinasi bahan dasar yang digunakan untuk membentuk cita rasa yang diinginkan juga beragam tampilan yang cantik menarik hingga berwarna warni ataupun variasi warna pelangi rainbow.

Kue bolu kukus juga dikenal sebagai salah satu jenis kue basah dalam aneka jajanan pasar. Kue ini tidak hanya menjadi santapan keluarga bahkan seringkali dihidangan dalam acara-acara tertentu seperti acara arisan atau momentum lainnya bahkan untuk menyambut tamu.

Bolkus mawar dibuat dengan menggunakan cetakan khusus, sedangkan bahan-bahan yang diperlukan serta prosesnya tidak berbeda dari pembuatan bolu kukus yang sederhana pada umumnya. Berikut ini adalah salah satu kreasi yang mudah dalam cara membuat bolu kukus mawar yang enak dan lembut dengan mempersiapkan bahan-bahan di bawah ini :
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 1 sdt ovalet (emulsifier)
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 200 ml susu cair (3 sdm susu kental manis)
  • 1 bungkus kecil (65ml) santan instan kara
  • Pewarna atau pasta makanan : kuning muda, pink dan ungu (masing-masing gunakan 1/4 sdt)
Cara Membuat Bolu Kukus Mawar
Adonan bolu kukus mawar
Cara Membuat Bolu Kukus Mawar :
  1. Kocok telur, gula pasir, ovalet dan vanili dengan menggunakan mixer kecepatan sedang hingga kental atau selama 15 menit. Setelah adonan telur kental, turunkan kecepatan mixer menjadi agak rendah lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit secara bergantian dengan susu yang sudah dicampur santan, mixer hingga adonan rata.
  2. Setelah adonan selesai, bagi adonan menjadi 3 bagian lalu masing-masing beri pewarna 1/4 sendok teh atau secukupnya kemudian aduk rata.
  3. Olesi tipis cetakan mawar dengan sedikit margarin atau minyak dengan menggunakan kuas agar apabila adonan sudah matang tidak akan lengket dan hancur serta sangat mudah dilepas dari cetakan. Tuang adonan dalam cetakan mawar sementara kukusan kita panaskan terlebih dahulu di atas api sedang.
  4. Tuang adonan menggunakan sendok kecil atau sendok teh supaya mudah dan tidak belepotan. Pertama tuang adonan warna kuning satu sendok kemudian warna pink di sebelahnya dan sampingnya lagi warna ungu. Semua warna ini tidak akan mudah tercampur karena adonannya cukup kental, lakukan terus hingga semua cetakan penuh tapi jangan sampai terlalu penuh, cukup hingga garis pembatas cetakan saja.
  5. Setelah adoanan selesai dituangkan ke cetakan, masukkan ke dalam kukusan yg sudah panas tadi lalu tunggu hingga matang atau kukus selama 15 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan, bolu kukus mawar telah siap untuk disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar