Jumat, 21 Agustus 2015

RESEP KUE PANCONG TERIGU DAN TEPUNG BERAS

Cara Membuat Kue Pancong Terigu dan Tepung Beras
Kue Pancong Terigu by resepmasakankreatif.blogspot.com
Resep kue pancong gurih pakai tepung beras dan lembut dengan tepung terigu. Kue basah tradisional ini umumya berbentuk mirip dengan kue pukis karena dimasak melalui cetakan yang sama tetapi berbeda tekstur dan cita rasa. Kue pancong sangat populer sebagai jajanan kuliner khas Betawi, bahkan sekarang kreasi dan penyajiannya sudah sangat lebih kreatif dan inovatif.

Umumnya adonan kue pancong tidak memakai gula, sedangkan bahan adonan dasar bisa menggunakan tepung terigu ataupun tepung beras yang dikombinasikan dengan kelapa parut dan santan sehingga terasa sangat enak, sedikit asin dan gurih.

Secara sederhana kue pancong sering ditemui dengan disajikan bersama taburan gula pasir untuk perpaduan cita rasa manis atau enak juga dengan cocolan saus baik tomat maupun saus sambal untuk perpaduan cita rasa pedas. Tidak hanya itu, topping aneka rasa seperti keju, coklat meises atau aneka topping lainnya juga cocok untuk memperkaya cita rasanya.

RESEP KUE PANCONG TERIGU
Untuk membuatnya sendiri sebagai variasi menu cemilan sederhana keluarga di rumah, berikut adalah pilihan cara membuat kue pancong enak, baik yang menggunakan tepung terigu atau dengan tepung beras.

Bahan-bahan :
  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram kelapa parut
  • 200 ml santan dari 400 gram kelapa parut, didihkan lalu biarkan dingin
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 1 sdt ragi instan diaduk dengan 2 sdm air hangat
  • 1/2 sdt garam
CARA MEMBUAT KUE PANCONG TERIGU
  1. Campurkan tepung terigu, kelapa parut, garam, telur, ragi dan aduk rata. Tuang santan kemudian aduk hingga rata dan biarkan selama 25 menit.
  2. Panaskan cetakan lalu olesi dengan minyak, setelah panas tuang adonan dalam cetakan hingga penuh. Tutup cetakan lalu masak dengan api kecil supaya tidak cepat gosong.
  3. Setelah matang, kulit bawah sudah terlihat kecoklatan kemudian angkat dan siap untuk disajikan dengan aneka toping sesuai selera. Takaran resep bisa menghasilkan 17 buah kue pancong.
RESEP KUE PANCONG TEPUNG BERAS
Kue pancong dari tepung terigu memang memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk, sedangkan dari bahan tepung beras untuk rasa lebih gurih dan kali ini dibuat dengan cara yang mudah dan lebih sederhana. Dari segi cita rasa keduanya sama-sama enak dan tentunya pilihan sangat tergantung dengan selera.
Resep Membuat Kue Pancong Tepung Beras Khas Betawi
Kue Pancong Beras by resepmasakankreatif.blogspot.com
Bahan-bahan :
  • 125 gram tepung beras
  • 125 gram kelapa parut
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa, didihkan lalu biarkan dingin
CARA MEMBUAT KUE PANCONG BERAS
  1. Campur rata tepung beras, garam dan kelapa parut lalu tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  2. Panaskan cetakan lalu olesi dengan minyak, setelah panas tuang adonan hingga penuh ke dalam cetakan. Gunakan api kecil dan tutup cetakan hingga kulit bawah berwarna kecoklatan. Angkat setelah matang dan siap untuk disajikan.
Setelah mencoba membuat kue pancong di rumah, coba juga Resep Kue Pukis Enak dengan topping pisang sebagai variasi menu hidangan keluarga lainnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar