Kamis, 04 Desember 2014

RESEP BAKSO IKAN TENGGIRI ENAK KENYAL

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri
RESEP BAKSO IKAN TENGGIRI
Membuat bakso ikan sendiri yang enak dan kenyal memang cukup mudah karena beberapa jenis ikan memilki tekstur daging yang lebih padat sehingga enak untuk diolah menjadi bakso yang kenyal. Ikan tenggiri merupakan jenis ikan andalan dalam membuat bakso ikan, selain karena tekstur dagingnya juga cita rasanya yang sangat lezat dan gurih. Hanya saja cara membuat bakso ikan dengan pentol yang benar-benar bulat dan mulus memang ternyata harus sering berlatih lagi.

Bahan dan bumbu :
  • 275 gram ikan tenggiri tanpa kulit, haluskan dengan 1 siung bawang putih menggunakan blender atau food processor
  • 1 butir putih telur
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 30 gram tepung sagu tani
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 100 ml air es
  • air untuk merebus secukupnya
CARA MEMBUAT BAKSO IKAN TENGGIRI :
  1. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus dengan putih telur, garam dan penyedap. Aduk dan uleni hingga rata kemudian tuang air es sedikit demi sedikit. Sambil terus diuleni, masukkan juga irisan daun bawang dan tepung hingga tercampur rata dan kalis. Bisa juga tambahkan 1 sdt minyak wijen untuk menetralisir bau amis ikan bila diperlukan.
  2. Didihkan air secukupnya lalu kecilkan apinya untuk menampung bakso yang baru sudah dibentuk atau matikan api terlebih dahulu jika belum terbiasa membulatkan pentol baksonya.
  3. Ambil segenggam adonan lalu dikepal-kepalkan di tangan hingga keluar bentuk bakso yang mulus di antara lingkaran telunjuk dan ibu jari. Gunakan sendok yang sudah dicelupkan dalam air yang direbus tadi agar basah lalu ambil adonan yang sudah berbentuk bulat yang sudah keluar dari kepalan tangan.
  4. Cemplungkan bulatan bakso ke dalam air panas tadi, lakukan berulang-ulang sampai adonan habis. Kemudian rebus bakso sampai matang dan mengapung-apung ke permukaan lalu angkat dan tiriskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar