Sabtu, 15 Desember 2012

MANFAAT SUSU KAMBING ETAWA BAGI KESEHATAN

Manfaat Susu Kambing Etawa
SEGUDANG MANFAAT DAN KHASIAT SUSU KAMBING ETAWA BAGI KESEHATAN TUBUH DAN KULIT
Seperti halnya jenis susu-susu yang lain, susu kambing etawa juga sangat baik dikonsumsi oleh semua usia karena sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dari nilai nutrisi yang terkandung, susu kambing etawa tidak kalah dengan susu-susu lainnya, bahkan susu kambing etawa memiliki beberapa keunggulan yang sangat mencolok. Susu kambing etawa juga dianjurkan dikonsumsi untuk pertumbuhan bayi, Ibu Hamil, Ibu menyusui, orang tua, dan juga untuk penyembuhan berbagai penyakit serta untuk kecantikan kulit. Susu kambing etawa juga dapat diolah menjadi susu bubuk, keju, dan produk menggunakan susu lainnya.

Anggapan yang Keliru Mengenai Susu Kambing Etawa
Adanya mitos yang beranggapan bahwa susu kambing tidak boleh dikonsumsi penderita hipertensi (darah tinggi) adalah tidak benar. Kandungan "Kalium (Potassium)" yang terkandung dalam susu kambing etawa justru berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Kandungan Susu Kambing Etawa
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Setiap 100 gram susu kambing mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol. Anak yang mengkomsumsi susu kambing memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.
Kelebihan Susu Kambing Etawa
  1. Dari segi nutrisi, komposisi, dan sifat alami, Susu kambing etawa  komposisi, dan sifat kimia alami memiliki kandungan yang mendekati ASI.
  2. Mempunyai sifat antiseptik, Alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini di sebabkan adanya Flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
  3. Bersifat basah (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
  4. Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare. 
  5. Kandungan protein yang terkandung lebih baik daripada telur.
  6. Lemaknya mudah di cerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainya. Dan juga bersifat Homogen alami. Hal ini mempermudah untuk di cerna sehingga menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi. Susu kambing etawa dapat dicerna oleh manusia 20 menit lebih cepat dari pada susu lainnya.
Khasiat Bagi Kesehatan dari Kandungan Susu Kambing Etawa
Susu kambing etawa mengandung sodium (Na), Fluorin (F), Kalsium (C), dan Fosfor (P) sebagai elemen kimia yang dominan serta kandungan nutrisi lainnya. Maka susu kambing etawa memiliki khasiat :
  1. Membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung.
  2. Sebagai terapi penyembuhan penderita asma, TBC dan infeksi paru-paru akut menahun.
  3. Membantu mengobati alergi pada kulit dan organ tubuh lainnya.
  4. Menambah stamina dan daya tahan tubuh.
  5. Mengatasi masalah impotensi/ frigiditas serta meningkatkan vitalitas pria dan wanita dewasa.
  6. Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis disebut dengan neprotic sindrom.
  7. Berkhasiat sebagai terapi penyembuhan asam urat.
  8. Berkhasiat untuk pembentukan tulang, sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita reumatik dan mencegah kerapuhan tulang/ osteophorosis.
  9. Membantu untuk memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh lainnya.
  10. Membantu menghaluskan kulit karena sudah ada susu kambing etawa dalam bentuk sabun (Soap).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar