Jumat, 14 Desember 2012

PILIHAN MAKANAN UNTUK TIDUR NYENYAK

PILIHAN MAKANAN UNTUK TIDUR NYENYAK
Mendapatkan istirahat malam yang baik atau tidur dengan nyenyak/ pulas adalah masalah penting karena dengan tidur nyenyak akan mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga disaat bangun, Anda mendapatkan tubuh dalam keadaan bugar dan fit.

Makanan untuk tidur nyenyak
Ternyata apa yang Anda makan akan dapat mempengaruhi bagaimana Anda tidur. Beberapa jenis makanan alami akan mempromosikan istirahat dan relaksasi, terutama yang mengandung triptofan - asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin, neurotransmitter yang memperlambat aktivitas saraf di dalam otak Anda sehingga dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

Pilihan Makanan untuk tidur nyenyak

Triptofan
Triptofan adalah prekursor melatonin (hormon perangsang tidur), serotonin (suatu transmiter pada sistem saraf) dan niasin (suatu vitamin). Makan makanan yang kaya akan triptofan akan membantu Anda merasa rileks dan mengantuk. 

Makanan seperti daging unggas (khususnya kalkun), kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, susu dan rumput laut secara alami tinggi akan triptofan dan juga mengandung nutrisi yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Buah pisang, selain mengandung triptofan, juga mengandung kalium dan magnesium, yang merupakan relaksan otot alami.

Karbohidrat
Karbohidrat sendiri tidak memicu produksi melatonin, tetapi memicu produksi insulin. Insulin penting dalam proses produksi melatonin karena memungkinkan triptofan untuk lebih mudah mencapai otak sekaligus menghambat produksi asam amino tirosin. Tirosin merupakan zat yang menyebabkan otak untuk mengirim sinyal untuk bangun.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition, karbohidrat berada diurutan tertinggi dari skala indeks glikemik, yang berarti dapat meningkatkan kadar gula tubuh dengan cepat, mendorong tidur ketika dimakan setidaknya empat jam sebelum waktu tidur. Makanan seperti beras jasmine, kentang, wortel, jagung, dan madu adalah beberapa pilihan sehat dari karbohidrat sederhana.

Jika karbohidrat merangsang relaksasi, protein memberikan efek sebaliknya. Oleh karena itu, jika Anda ingin cepat tertidur, konsumsilah makanan tinggi karbohidrat.

Kalsium
Kalsium membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin. Sehingga meskipun tidak berperan langsung tapi setidaknya meningkatkan proses. Dengan mengkombinasikan kandungan karbohidrat dengan kalsium, seperti sereal gandum dengan susu, sandwich selai kacang, atau keju dapat lebih membantu untuk relaksasi pikiran dan tubuh. Kalsium sendiri sangat bermanfaat dalam membantu Anda tidur, karena merupakan relaksan otot alami yang juga dapat membantu Anda mengelola tingkat stres.

Mengkonsumsi makanan tersebut akan membantu Anda beristirahat lebih baik di malam hari. Jika makan di waktu malam, sebaiknya tidur minimal 1 jam sesudah makan agar triptofan dari sumber makanan untuk mencapai otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar