Selasa, 11 Desember 2012

RESEP NASI KUNING RICE COOKER ENAK PRAKTIS

Cara Membuat Nasi Kuning Rice Cooker Enak Praktis
Resep nasi kuning enak dengan menggunakan rice cooker. Sudah terbiasa dengan praktisnya proses memasak nasi pakai rice cooker atau magic com? Jika ingin membuat nasi kuning, kita juga bisa mengolahnya dengan menggunakan alat tersebut tanpa mengurangi resep bumbu komplit seperti halnya dalam cara membuat nasi kuning yang enak dan gurih. Berikut cara sederhana memasak nasi kuning yang dibikin enak dengan menggunakan rice cooker.

Nasi kuning tidak hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti tumpengan dan selamatan, tapi dalam keseharian terutama saat di pagi hari nasi kuning sangat enak dijadikan sebagai menu utama sarapan dengan beragam pelengkap lauk pauknya yang dapat disesuaikan menurut selera. Oleh karenanya cara membuat nasi kuning pakai rice cooker bisa menjadi pilihan.

RESEP NASI KUNING RICE COOKER :
Selain nasi kuning yang gurih, sambal yang enak biasanya menjadi penentu akan kelezatan nasi kuning. Bahan pelengkap hidangan nasi kuning adalah segala menu masakan yang disukai seperti : ayam goreng atau bisa juga disuwir, bawang goreng, abon, telur (irisan telur dadar atau telur rebus), sambal, kerupuk, orek tempe atau tempe dan tahu goreng serta aneka lauk pauk atau pelengkap lainnya. Selain itu juga biasa disertai dengan bahan lalapan seperti irisan mentimun, tomat, selada bokor, kemangi atau aneka lalapan nasi kuning lainnya.

Kembali ke resep membuat nasi kuning, berikut adalah bahan-bahan dan bumbu yang dipersiapkan :
  • 1 liter beras
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai/sere
  • air secukupnya
  • 1 bungkus santan instant 65 ml
Bumbu yang dihaluskan :
  • 1 ruas jari kunyit (disaring ambil airnya)
  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk atau penyedap rasa secukupnya dan sesuai selera
CARA MEMBUAT NASI KUNING PAKE RICE COOKER/ MAGIC COM ENAK :
  1. Langkah pertama adalah mencuci beras sampai bersih dengan menggunakan air bersih.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih tadi ke dalam rice cooker, beri air secukupnya seperti halnya memasak nasi serta masukkan juga bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  3. jangan lupa masukkan daun salam dan serai serta beri penyedap rasa atau kaldu bubuk sesuai selera kemudian aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dengan air dan beras.
  4. Nyalakan rice cooker dan tunggu hingga nasi kuning matang secara otomatis, nasi kuning sudah siap untuk disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar