Kamis, 06 Desember 2012

RESEP PEMPEK KAPAL SELAM KHAS PALEMBANG

Cara Membuat Pempek Kapal Selam
RESEP PEMPEK KAPAL SELAM ENAK PALEMBANG ASLI :
Proses pembuatannya sederhana tetapi sudah terkenal kelezatannya dimana-mana. Dengan adanya resep khas dari pelembang ini, kita sekarang bisa menghidangkannya di rumah untuk santapan spesial bersama keluarga. Untuk memilih jenis ikan dapat disesuaikan dengan selera. selain ikan belida dan tenggiri, jenis ikan yang umum digunakan adalah Ikan Kakap Merah, Ikan Gabus, Tenggiri, Ikan Sarden, Parang-parang, Bilis besar, Putak, Toman dan sebagainya.

Bahan Pempek Kapal Selam :
  • 500 gram fillet ikan tenggiri/ belida
  • 500 gram tepung sagu tani
  • 2 bh telur
  • 1½ sdt garam
  • 250 cc air dingin/ air es
  • 1 sdt vetsin
  • telur secukupnya untuk isi
 CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM ENAK PALEMBANG ASLI :
  1. Campurkan ikan tenggiri, telur, garam, dan vetsin menjadi satu, lalu tuangkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan tangan sampai rata dan lembut.
  2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk/ diuleni hingga rata (seperlunya saja agar pempek tidak menjadi keras dan melar) sehingga menjadi adonan yang akan dibentuk. Jika adonan belum bisa dibentuk, dapat ditambah lagi tepung sagunya.
  3. Bentuk adonan seperti mangkok, masukkan telur kedalamnya, lalu rekatkan . Lakukan hal yang sama sampai adonan tadi habis.
  4. Didihkan air hingga mendidih di dalam panci, rebus adonan pempek ke dalam air yang sudah mendidih (ada yang menambahkan sedikit minyak sayur) sampai adonan tadi matang dan mengapung. Angkat dan tiriskan lalu dibiarkan dingin.
  5. Goreng pempek yang sudah direbus tadi dengan minyak panas sedang sehingga kering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Potong-potong. Sajikan dengan kuah cuko/ cuka.
Kuah pempek atau cara membuat cuko pempek dapat dilihat dalam resep pempek dan cuko palembang.

Tips Mengolah Ikan Untuk Adonan Pempek :
  • Ikan dibersihkan isi perut dan sisiknya, belah menjadi dua memanjang, tulang yang ditengah dibersihkan pula. Kikis dengan garpu sambil bersihkan tulangnya yang kecil. Kulit ikan bersihkan pula, daging ikan haluskan sampai benar-benar halus.
  • Ada banyak jenis pempek/ empek-empek yang bisa kita buat, diantaranya : Pempek Adaan, Pempek Lenjer, Pempek Panggang, Pempek Kulit dan aneka pempek enak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar