Sabtu, 19 Januari 2013

CARA MEMBUAT LONTONG DAN KETUPAT

Cara Membuat Lontong Ketupat
LONTONG DAN KETUPAT
Lontong atau ketupat sama-sama terbuat dari beras, perbedaan hanya terletak pada pembungkusnya. Jika ketupat dibuat dengan bungkusan daun kelapa yang masih muda atau janur yang dianyam, sedangkan lontong lebih praktis dengan dibungkus daun pisang bahkan dapat pula dengan plastik. Selain itu, ketupat bisa juga dibungkus dengan daun pandan.
Bahan membuat lontong dan ketupat :
  • beras, cuci bersih dan tiriskan
  • air secukupnya
  • daun pisang untuk membungkus lontong
  • bungkus/ kulit ketupat untuk membuat ketupat
  • plastik kemasan standar ½ kg
1. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS DAUN PISANG :
  1. Potong-potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran untuk membungkus lalu celupkan 2 detik dalam air mendidih agar layu dan tidak mudah pecah saat disemat, lalu keringkan.
  2. Buat selongsong atau gulung-gulung lembaran daun pisang, sisi dalam berwarna hijau tua dengan garis tengah 3-4 cm. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  3. Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup sampai setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain. Masukkan ke dalam panci, isi air sampai selongsong terendam.
  4. Rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jika tidak terendam. Setelah diangkat, sirami lontong dengan air matang dingin supaya kulit tetap bersih, tiriskan dan dinginkan dengan posisi miring/ berdiri supaya airnya benar-benar tiris.
2. CARA MEMBUAT KETUPAT :
  1. Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus ketupat tidak lebih dari 2/3 bagian isi.
  2. Didihkan air, masukkan ketupat lalu rebus hingga matang selama 4-5 jam dan pastikan ketupat selalu terendam. Tambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  3. Angkat, siram dengan air matang dingin supaya kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.
Tips : Cara lain, beras dapat dimasak setengah matang atau diaron lalu masukkan ke dalam bungkusan ketupat atau bungkusan lontong lalu rebus.

3. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS PLASTIK
  1. Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus 1/3 isi plastik lalu ikat atau staples ujung atasnya. Lubangi masing-masing dengan tusuk gigi sekitar 10 lubang secara merata.
  2. Panaskan air, masukkan ketupat lalu rebus dengan api sedang hingga matang selama 2 jam dan pastikan selalu terendam. Tambahkan air panas jika lontong tidak terendam air rebusan.
  3. Angkat dan dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar